Kenapa Jadi Blogger??






Oleh: Boy Paskand 
SINTOGA NET➲ --- Ada yg mempertanyakan hal2 yg menyangkut tentang hobi menulis saya beberapa waktu yg lalu. adalah seorang teman yg meminta ID facebook saya untuk di ADD, lantas ia mencari kata kunci 'Boy paskand' di google seacrh, maksudnya agar lebih mudah menemukan akun saya. otomatis semua URL yg menuju artikel sayapun bermunculan di halaman utama, teman yg tak menyukai dunia blogging ini langsung menanyakan beberapa hal kepada saya dengan sedikit sindiran.



 "Kenapa menulis?, untuk apa jadi blogger?, pengen kaya?, pengen terkenal?..."

Ketika di jejali dengan pertanyaan seperti ini, terus terang saja saya merasa bingung juga untuk menjawabnya. kenapa?, jauh hari sebelum mengenal internet, ketika masih duduk di bangku sekolah dasarpun saya sudah suka membaca dan menulis.., saya sudah terbiasa mengaplikasikan sesuatu hal yg saya alami, yg saya baca, yg saya tahu, dan yg saya dengar kedalam sebuah tulisan. jadi,,, menulis sepertinya bukanlah hal yg asing dalam hidup saya. bahkan seolah-olah sudah menjadi bagian dari rutinitas di sela2 aktivitas pekerjaan saya.

Pengen jadi penulis terkenal?.., saya sama sekali tak ada cita2 menjadi penulis terkenal. saya menulis apa adanya, asalkan tak menyalahi hukum yg berlaku  dalam negara. saya tak perduli walaupun gaya penulisan saya sangat minim, bahkan miskin dari karakter kata2 intelektual, namun yg paling saya inginkan pembaca memahami apa isi dari sebuah artikel yg saya tulis. dan yg paling membahagiakan bagi seorang blogger adalah ketika pembaca bisa mengambil hikmah dan manfaat dari karya tulisannya.

Menggatungkan profesi sebagai penulis memang bagus apabila anda punya potensi dan bakat, akan tetapi apabila mencari rezki untuk menafkahi keluarga dari profesi menulis semata zaman ini, saya rasa takkan mencukupi.

Dari bloggerpun apabila di manfaatkan untuk bisnis atau nambah2 uang pemasukan lewat ADS juga bisa. Toh sudah sangat banyak para blogger yg sukses lewat dunia blogging, namun jangan kira mudah untuk mencapai kesuksesan lewat dunia maya itu gan, apabila di bandingkan dengan uang yg habis untuk membeli paket internet  dengan hasil yg di dapatkan di ADS bagi pemula takkan seimbang sama sekali. akhirnya si blogger patah semangat sendiri.. hehehe..

Apabila memang patokkan anda pengen sukses di blogger, anda harus siap bersaing dengan puluhan juta blogger dunia, selalu aktif, butuh bertahun-tahun.. bayangkan gaaan...,

Namun beda dengan saya..., saya tak memikirkan sukses atau tidaknya.., saya pribadi jadi blogger ada alasan lain yg mungkin tidak banyak di pikirkan oleh teman2 blogger. semenjak tahun 2009, saya telah mengelola 10 situs blog hingga saat ini, saya sudah menyebarkan di dunia maya puluhan artkel, baik yg dimuat di muat di blog yg punya sudah beli domain maupun yg masih blogspot seperti situs ini.

Apa motvasi saya melakukan semua itu??, ada empat hal yg membuat saya tak pernah mau berhenti, bahkan cinta mati terhadap dunia blogging, dan membuat saya tak bisa berhenti untuk menulis. yaitu:

Karna Agama
Jangan salah persepsi, tak ada secara logikanya agama menganjurkan membangun sebuah blog. namun agama islam mengajurkan umatnya untuk selalu berbuat kebaikan, membantu orang lain yg sedang membutuhkan, meneyebarkan informasi yg berguna dan bermanfaat. apakah anda percaya kalau lewat blog anda bisa beramal??, meskipun bukan dengan uang, hanya melalui tulisan saja anda sudah bisa membantu orang lain. 

Saya contohkan seperti ini:

Anda punya blog yg membahas tentang dunia reparasi elektronik seperti TV, service DVD dan lain2. kebetulan anda juga seorang tekhnisi elektronik yg telah berpengalaman. naah.. ada seorang tekhnisi elektronik yg kebetulan juga sedang kebingungan karna kendala pekerjaannya, lantas di buka internet, ketemu blog anda yg juga membahas tentang kendala yg sedang di hadapinya. setelah dia baca artikel anda, situkang service tersebut menerapkan ilmu yg anda tulis, hingga pekerjaannya selesai.

Berkat ilmu yg anda bagikan di internet tersebut, si tukang service itu sangat merasa terbantu mencari rezki untuk menghidupi anak istirinya. Buknkah sangat bernilai sekali artikel yg anda tulis bagi orang lain itu?, bukankah membantu orang lain yg sedang membutuhkan itu sngat di anjurkan agama?. bahkan meskipun anda sudah tiada, artikel anda akan tetap ada di dunia maya dan akan di baca oleh ribuan orang di dunia.

Gajah mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama, dan anda tak hanya meninggalkan nama, tapi manfaat dari ilmu yg anda bagikan telah banyak membntu orang lain yg membutuhkan. berkat imu anda juga telah melapangkan jalan seseorang untuk mencari nafkah halal.

Contoh diatas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak manfaat blog yg bisa di pakai sebagai media mencari pahala. seperti menjadikan blog sebagai media dakwah, mengajarkan ilmu2 yg berguna, mengajarkan kreativitas2 yg berguna yg bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, dll.

Jadilah seorang blogger yg bermanfaat bagi orang banyak, agar syafa'atnya terus mengalir kepada anda, meskipun anda telah tiada.



Karna Cinta Tanah air.
Hal ini juga berkaitan dengan alasan saya yg pertama, karna cinta tanah air adalah sebagian juga dari keimanan. lewat blogging kita bisa memperkokoh kesatuan dan persatuan dalam negara. publikasikanlah postingan2 yg bermanfaat yg isinya mengajak pembaca untuk mencintai tanah airnya, jangan pernah menjelekkan negara sendiri di dunia maya, apalagi lewat blogging. ingat.., blog tak mempunyai ruang terbatas seperti media sosial facebook, twitter atau sejenisnya yg hanya bisa dilihat oleh orang2 yg memiliki akun tersebut saja, tapi blog bisa dilihat semua orang yg setiap saat mencari sesuatu di mesin pencarian yg berkaitan dengan artikel yg anda tulis.

karna itulah,, sebarkanlah berita atau informasi yg bermanfaat bagi persatuan dan kesatuan bangsa, jangan malahan menjadi media propaganda yg bisa mengancam NKRI.


Dua alasan saya yg terakhir adalah.,  

#UNTUK MEMPERLANCAR USAHA SAYA .

#KARNA MEMANG SAYA HOBI MENULIS. 


 Itulah empat alasan saya pribadi menjadi seorang blogger,, saya juga tak tahu bagaimana alasan teman2 blogger lainnya yg mungkin saja tidak setuju dengan alasan saya.., biasalah,, pendapat seseorang kan beda2,, sekian dulu deh gan,, salam hangat selalu buat anda,,

 Wassallam (Boy paskand)

1 komentar:

Silahkan berkomentar dengan baik, karna setiap komentar adalah tanggung jawab anda sendiri.

Diberdayakan oleh Blogger.